Langsung ke konten utama

Pikatan Stable

PIKATAN STABLE
 
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.
Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.



pemilik PIKATAN STABLE
PIKATAN STABLE berdiri sejak tahun 1965 di Desa Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, Jawa Timur -Indonesia. Didirikan oleh H. Achmad Shofwan yang kemudian diteruskan oleh putera-puteranya yang berada di Blitar maupun di Yogyakarta.
foto bersama dalam penyerahan hadiah 
Pikatan Stable kegiatannya meliputi bidang pacuan kuda (Horse Racing), beternak kuda (Horse Breeding), dan Riding School (Equestrian) dan merupakan satu-satunya sekolah berkuda yang berada di tengah kota Yogyakarta. Selain itu juga sebagai laboraturium praktek kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa fakultas kedokteran hewan dan fakultas peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sering digunakan juga untuk foto Pre Wedding dan syuting sinetron beberapa stasiun televisi swasta, dll. Pikatan Stable juga menyediakan peralatan kuda, vitamin dan obat-obatan kuda, serta pakan kuda.

Manfaat Berkuda

peternakan PIKATAN STABLE
Rasulullah SAW bersabda “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah” (Riwayat Sahih Bukhari/Muslim). Berkuda merupakan salah satu sunah Rosul, selain itu berkuda juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental, antara lain sebagai berikut :

a. Menguatkan otot tubuh, terutama bagian pinggang.
Berkuda mendominasi gerakan pinggang, sehinggang pinggang menjadi kuat. Bagi pemula akan terasa pegal-pegal, tetapi lama kelamaan pinggang akan terasa enteng.
  
pemilik PIKATAN STABLE setelah melakukan latihan berkuda
b. Melatih ketajaman mata.
Memacu kuda sambil melihat ke depan, bisa membantu mempertajam penglihatan. Biasanya, kalau kita melihat objek sambil bergerak-gerak,  ada kemungkinan mata kita astigmatisme. Namun, berkuda tidak akan menyebabkan astigmatisme.
c. Membersihkan ginjal
Dengan menggoyangkan pinggang secara tidak langsung ginjal juga ikut tergoyang, sehingga ada kemungkinan ginjal menjadi bersih, sehingga proses metabolisme, ekskresi, dll menjadi lebih lancar dan sehat.
d. Memperlancar aliran darah secara menyeluruh ke seluruh tubuh,
e. Baik untuk kesehatan jantung.
f. Terapi bagi penyangdang AUTISME
Selain itu berkuda menjadi salah satu metode terapi bagi anak penderita autisme.
g. Meningkatkan tanggung jawa, kedisiplinan, dan rasa percaya diri.
h. Melatih kesabaran dan konsentrasi.
i. Sebagai alternatif menghilangkan stres.
j. Bagi wanita, berkuda dapat membantu membentuk pinggul yang indah.
Pikatan Stable Riding School

Alamat : Jl. Jeruk Legi, RT. 23 No. 548, Banguntapan,                                Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198
       Contact : 0812-8887-8646

Pikatan Stable Horse Racing
Contact : 0858-7894-1536 

Komentar